SASARAN STRATEGIS OPD |
INDIKATOR SASARAN OPD |
NAMA PROGRAM |
INDIKATOR KINERJA PROGRAM |
NAMA KEGIATAN |
INDIKATOR KINERJA KEGIATAN |
SASARAN PROGRAM |
SASARAN KEGIATAN |
SASARAN SUB KEGIATAN |
NAMA SUB KEGIATAN Ascending |
INDIKATOR KINERJA SUB KEGIATAN |
objek id |
Target Kinerja TW 3 |
Realisasi TW 3 |
Analisis Ketercapaian TW 3 |
Solusi TW 3 |
Capaian TW 3 |
SATUAN |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Meningkatnya akuntabilitas kinerja BPPKAD | Nilai AKIP BPPKAD | PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN/KOTA | Persentase pelayanan administrasi perkantoran (AKIP) | Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah | Jumlah dokumen Perencanaan, Penganggaran, Pelaporan dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah | Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terfasilitasinya Perencanaan, Penganggaran dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah | Tersusunnya Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD dan Laporan Hasil Koordinasi Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD | Koordinasi dan Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD | Jumlah Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD dan Laporan Hasil Koordinasi Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD | 8 | 18 | 18 | 18 dokumen laporan capaian kinerja perangkat daerah yang telah disusun dari 18 dokumen yang ditargetkan atau capaian sebesar 100% | Koordinasi ke bidang yang mengelola data. | 100 | Angka |
Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terfasilitasinya Perencanaan, Penganggaran dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah | Tersusunnya Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah | Penyusunan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah | Jumlah Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah | 8 | 13 | 13 | Dokumen perencanaan perangkat daerah yang harus tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan di BPPKAD sampai TW 3 Tahun 2024 telah tersusun sebanyak 13 dokumen perencanaan RKA DPA pergeseran 1 dan 2,RKAP,DPPA PK,Rencana Kerja Murni dan Perubahan, KAK, | - | 100 | Dokumen | ||||||
Meningkatnya efektifitas dan transparansi layanan publik di BPPKAD | Nilai SKM BPPKAD | PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN/KOTA | Persentase pelayanan administrasi perkantoran (SKM) | Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah | Persentase terpenuhinya administrasi kepegawaian perangkat daerah | Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Tersedianya dukungan administrasi kepegawaian aparatur pengawasan | Terlaksananya bimtek Implementasi Peraturan Perundang-undangan | Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Perundang-Undangan | Jumlah orang yang mengikuti bimtek Implementasi Peraturan Perundang-undangan | 8 | 9 | 1 | Kegiatan bimbingan teknis implementasi perundang undnagan ditujukan untuk fasilitasi ASN BPPKAD dalam rang meningkatkan kapasitas SDM sebagai pengelola keuangan. Sampai dengan triwulan 3 tahun 2024 realisasi kegiatan masih 11,11% karena baru ada 1 orang A | - | 11.11 | Orang |
Administrasi Keuangan Perangkat Daerah | Persentase terlayaninya administrasi keuangan perangkat daerah | Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terlayaninya Administrasi Keuangan Perangkat Daerah | Tersusunnya dokumen Laporan keuangan bulanan/ triwulan dan semesteran SKPD dan Laporan Koordinasi Penyusunan Laporan Keuangan Bulanan/ Triwulanan/ Semesteran SKPD | Koordinasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Bulanan/ Triwulanan/ Semesteran SKPD | Jumlah dokumen Laporan keuangan bulanan/ triwulan dan semesteran SKPD dan Laporan Koordinasi Penyusunan Laporan Keuangan Bulanan/ Triwulanan/ Semesteran SKPD | 8 | 3 | 3 | Penyusunan Laporan Keuangan triwulan yang terdiri dari Laporan Realisasi dan anggaran | - | 100 | Dokumen | ||||
Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terlayaninya Administrasi Keuangan Perangkat Daerah | Tersusunnya dokumen penatausahaan dan pengujian/verifikasi Keuangan SKPD | Pelaksanaan Penatausahaan dan Pengujian/Verifikasi Keuangan SKPD | Jumlah dokumen penatausahaan dan pengujian/verifikasi Keuangan SKPD | 8 | 125 | 125 | Dalam rangka penyerapan anggaran kegiatan di BPPKAD, dokumen permohonan pencairan yang diajukan dilakukan verifikasi untuk mengecek kelengkapan dokumen pendukung yang harus dilengkapi sebelum dicairkan anggarannya. Tersedianya regulasi berupa perbup tent | 100 | Dokumen | |||||||
Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terlayaninya Administrasi Keuangan Perangkat Daerah | Terbayarnya Gaji dan Tunjangan ASN | Penyediaan Gaji dan Tunjangan ASN | Jumlah Orang yang menerima Gaji dan Tunjangan ASN | 8 | 62 | 62 | Pembayaran gaji dan tunjangan ASN telah selesai dibayarkan untuk bulan Januari sampai dengan September 2024 serta pembayaran penghasilan berdasarkan beban kerja tepat waktu sesuai yang telah ditargetkan. | - | 100 | Orang | ||||||
Administrasi Umum Perangkat Daerah | Persentase terlayaninya administrasi umum perangkat daerah | Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terlayaninya Administrasi Umum Perangkat Daerah | Tersedianya paket Bahan logistik kantor | Penyediaan Bahan Logistik Kantor | Jumlah paket bahan logistik kantor yang disediakan | 8 | 9 | 9 | Pemenuhan bahan logistik kantor di adakan dalam rangka mendukung kelancaran pelayanan perkantoran di BPPKAD berupa fasilitasi perjalanan dinas, penyediaan alat tulis kantor, bahan cetak peralatan dan pembersih. | - | 100 | Angka | ||||
Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terlayaninya Administrasi Umum Perangkat Daerah | Tersedianya paket peralatan dan perlengkapan kantor | Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor | Jumlah paket peralatan dan perlengkapan kantor yang disediakan | 8 | 9 | 9 | 9 paket peralatan dan perlengkapan kantor yang tersedia atau capaian kinerja sebesar 100% | - | 100 | Angka | ||||||
Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah | Persentase BMD Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah yang dipelihara | Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terlaksananya Pemeliharaan BMD Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah | Terpeliharanya gedung dan peralatan kantor | Pemeliharaan/Rehabilitasi Sarana dan Prasarana Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya | Jumlah gedung dan peralatan kantor yang dipelihara | 8 | 25 | 30 | 30 unit sarana dan prasarana kantor yang telah dipelihara atau capaian 100% dari target yang ditetapkan sebanyak 25 unit terealisasi 30 unit. | - | 120 | Unit | ||||
Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terlaksananya Pemeliharaan BMD Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah | Terbayar dan terpeliharanya kendaraan perorangan dinas atau kendaraan dinas jabatan | Penyediaan Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, dan Pajak Kendaraan Perorangan Dinas atau Kendaraan Dinas Jabatan | Jumlah kendaraan perorangan dinas atau kendaraan dinas jabatan yang dipelihara dan dibayar pajaknya | 8 | 40 | 40 | 30 unit sarana dan prasarana kantor yang telah dipelihara atau capaian 100% dari target yang ditetapkan sebanyak 25 unit terealisasi 30 unit. | - | 100 | Unit | ||||||
Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah | Persentase Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah yang dipenuhi | Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terlaksananya Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah | Tersedianya kendaran dinas operasional atau lapangan | Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan | Jumlah kendaran dinas operasional atau lapangan yang disediakan | 8 | 2 | 0 | - | - | 0 | Unit | ||||
Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Terlaksananya Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah | Tersedianya unit peralatan dan mesin lainnya | Pengadaan Peralatan dan Mesin Lainnya | Jumlah unit peralatan dan mesin lainnya yang disediakan | 8 | 23 | 7 | Kegiatan pengadaan peralatan dan mesin lainnnya samapai dengan triwulan 3 tahun 2024 baru terealisasi 7 unit berupa AC dan kursi, dalam proses pengadaan sebanyak 14 unit berupa laptop, PC dan printer. | - | 30.43 | Unit | ||||||
Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah | Persentase terpenuhinya Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah | Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Tersedianya Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah | Tersusunnya laporan pemyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik yang disediakan | Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik | Jumlah laporan pemyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik yang disediakan | 8 | 9 | 9 | 9 laporan pertanggungjawaban atas pembayaran tagihan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik untuk bulan Januari sampai dengan September 2024 atau capaian kinerja 100% dari target yang ditetapkan pada TW 3 tahun 2024. | - | 100 | Laporan | ||||
Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Tersedianya Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah | Tersusunnya Laporan Penyediaan Jasa Pelayanan umum Kantor yang disediakan | Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor | Jumlah Laporan Penyediaan Jasa Pelayanan umum Kantor yang disediakan | 8 | 9 | 9 | Laporan penyediaan jasa pelayanan umum kantor dilaksanakan dalam rangka pembayaran atas honor tenaga tidak tetap serta honor tenaga kegiatan yang telah direalisasikan untuk bulan Januari sampai dengan September 2024. | - | 100 | Laporan | ||||||
Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah | Tersedianya Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah | Tersusunnya laporan penyediaan jasa surat menyurat | Penyediaan Jasa Surat Menyurat | Jumlah laporan penyediaan jasa surat menyurat | 8 | 3 | 0 | 0 | Laporan | ||||||||
Meningkatnya kualitas dan ketepatan waktu pengelolaan pendapatan, keuangan dan aset daerah | Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan daerah | PROGRAM PENATAGUNAAN TANAH | Persentase Luas Tanah Pemkab yang bersertifikat | Penggunaan Tanah yang Hamparannya dalam satu Daerah Kabupaten/Kota | Persentase perencanaan penggunaan tanah pemkab yang dimanfaatkan | Meningkatnya kualitas perencanaan penggunaan/ penatagunaan tanah | Termanfaatkannya tanah Pemkab | Tersusunnya Laporan Koordinasi dan sinkronisasi Perencanaan Penggunaan Tanah dalam satu Kabupaten/ Kota | Koordinasi dan Sinkronisasi Perencanaan Penggunaan Tanah | Jumlah Laporan Koordinasi dan sinkronisasi Perencanaan Penggunaan Tanah dalam satu Kabupaten/ Kota | 8 | 150 | 75 | Pelaksanaan kegiatan ini adalah fasilitasi proses pensertifikatan tanah milik pemkab. Realisasi terbitnya sertifikat tanah sampai dengan triwulan 3 tahun 2024 baru tercapai 75 buah sertifikat dengan luas bidang 2.254 m2. Pengukuran pendataan dan pendaftara | - | 50 | Laporan |
PROGRAM PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH | Persentase Penyusunan Laporan BMD yang tepat waktu | Pengelolaan Barang Milik Daerah | Persentase dokumen pengelolaan BMD yang disusun | Meningkatnya pengelolaan dan pemanfaatan BMD melalui inventarisasi BMD | Tersusunnya dokumen pengelolaan BMD | Tersusunnya laporan hasil pengamanan Barang Milik Daerah | Pengamanan Barang Milik Daerah | Jumlah laporan hasil pengamanan Barang Milik Daerah | 8 | 2 | 2 | Laporan Pengamanan Barang Milik Daerah telah dilaksanakan berupa pembayaran premi asuransi terhadap aset Pemkab berupa 11 pasar dan 54 unit kendaraan milik pemkab. Banjarnegara. Pengamanan BMD merupakan mandatory dari PP tentang pengelolaan aset pemerin | - | 100 | Angka | ||
Meningkatnya pengelolaan dan pemanfaatan BMD melalui inventarisasi BMD | Tersusunnya dokumen pengelolaan BMD | Tersusunnya Laporan Pengawasan dan Pengendalian pengelolaan BMD | Pengawasan dan Pengendalian Pengelolaan Barang Milik Daerah | Jumlah Laporan Pengawasan dan Pengendalian pengelolaan BMD | 8 | 234 | 234 | Kegiatan pengawasan dan pengendalian pengelolaan BMD diprioritaskan pada proses penghapusan BMD, sampai dengan triwulan 3 tahun 2024 telah terbit 94 keputusan untuk penghapusan BMD. | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengelolaan dan pemanfaatan BMD melalui inventarisasi BMD | Tersusunnya dokumen pengelolaan BMD | Tersusunnya dokumen SSH | Penyusunan Standar Harga | Jumlah SSH yang disusun | 8 | 2 | 2 | 2dok SSH dan ASB telah tersedia untuk penyusunan dokumen penganggaran tahun anggaran 2025 | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengelolaan dan pemanfaatan BMD melalui inventarisasi BMD | Tersusunnya dokumen pengelolaan BMD | Tersusunnya Laporan hasil rekonsiliasi dalam rangka Penyusunan laporan Barang Milik daerah | Rekonsiliasi dalam rangka Penyusunan Laporan Barang Milik Daerah | Jumlah Laporan hasil rekonsiliasi dalam rangka Penyusunan laporan Barang Milik daerah | 8 | 24 | 27 | Pelaksanaan rekonsiliasi data antar pengurus barang dengan petugas akuntansi, sinkronisasi data akuntansi pada neraca barang dengan data laporan BMD yang ada pada pengurus barang OPD dengan di terbitkan Berita Acara Rekonsiliasi, yang akan dikompilasi me | - | 112.5 | Laporan | ||||||
Persentase penyerapan belanja APBD | PROGRAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH | Persentase Penerbitan SP2D yang tepat waktu | Koordinasi dan Pengelolaan Perbendaharaan Daerah | Persentase capaian penerbitan SP2D dan penyerapan belanja daerah serta pengeloaan dana transfer | Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terlaksananya penerbitan SP2D dan penyerapan belanja daerah serta pengeloaan dana transfer | Tersusunnya dokumen Hasil Koordinasi dan Pengelolaan Kas Daerah | Koordinasi dan Pengelolaan Kas Daerah | Jumlah dokumen Hasil Koordinasi dan Pengelolaan Kas Daerah | 8 | 9 | 9 | 9 dokumen pengelolaan kas daerah yang tersedia untuk bulan Januari, Februari dan Maret yang tersedia atau tercapai sesuai target yang telah ditetapkan. | Dokumen pengelolaan kas daerah yang tersedia berupa buku kas bulanan, sumber dana yang kurang jelas dalam rekening koran terkadang menjadi penghambat dalam penyusunan Buku Kas bulanan.Koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini adalah Bank Jateng | 100 | Angka | |
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terlaksananya penerbitan SP2D dan penyerapan belanja daerah serta pengeloaan dana transfer | Tersusunnya laporan Realisasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah, Laporan Aliran Kas, dan Pelaksanaan Pemungutan/ Pemotongan dan Penyetoran Perhitungan Fihak Ketiga (PFK) dan Laporan Hasil Koordinasi dalam rangka penyusunan laporan laporan Realisasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah, Laporan Aliran Kas, dan Pelaksanaan Pemungutan/ Pemotongan dan Penyetoran Perhitungan Fihak Ketiga (PFK) | Koordinasi dan Penyusunan Laporan Realisasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah, Laporan Aliran Kas, dan Pelaksanaan Pemungutan/ Pemotongan dan Penyetoran Perhitungan Fihak Ketiga (PFK) | Jumlah laporan Realisasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah, Laporan Aliran Kas, dan Pelaksanaan Pemungutan/ Pemotongan dan Penyetoran Perhitungan Fihak Ketiga (PFK) dan Laporan Hasil Koordinasi dalam rangka penyusunan laporan laporan Realisasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah, Laporan Aliran Kas, dan Pelaksanaan Pemungutan/ Pemotongan dan Penyetoran Perhitungan Fihak Ketiga (PFK) | 8 | 9 | 9 | laporan realisasi penerimaan dan pengeluaran kas daerah, laporan aliran kas dan hasil pemungutan /pemotongan dan penyetoran PFK pada triwulan 3 tahun 2024 | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terlaksananya penerbitan SP2D dan penyerapan belanja daerah serta pengeloaan dana transfer | Tersusunnya dokumen hasil Koordinasi Fasilitasi, Asistensi, Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pengelolaan Dana Perimbangan dan Dana Transfer Lainnya | Koordinasi, Fasilitasi, Asistensi, Sinkronisasi, Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Dana Perimbangan dan Dana Transfer Lainnya | Jumlah dokumen hasil Koordinasi Fasilitasi, Asistensi, Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi Pengelolaan Dana Perimbangan dan Dana Transfer Lainnya | 8 | 3 | 3 | Realisasi penyerapan dana transfer sampai dengan triwulan 3 tahun 2024 tercapai Rp. 1.369.879.270.561,00 atau serapan 78,28% dari pagu anggaran sebesar Rp. 1.749.993.908.000,00. Serapan Pendapatan transfer sampai dengan TW 3 tahun 2024 berupa pendapatan t | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terlaksananya penerbitan SP2D dan penyerapan belanja daerah serta pengeloaan dana transfer | Terlaksananya kegiatan Pembinaan Penatausahaan Keuangan pemerintah Kabupaten/Kota | Pembinaan Penatausahaan Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota | Jumlah orang yang mengikuti Pembinaan Penatausahaan Keuangan pemerintah Kabupaten/ Kota | 8 | 44 | 44 | 44 orang perwakilan OPD telah mengikuti rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan penatausahaan keuangan daerah | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terlaksananya penerbitan SP2D dan penyerapan belanja daerah serta pengeloaan dana transfer | Tersusunnya Dokumen hasil pengendalian dan Penerbitan dan SPD | Penyiapan, Pelaksanaan Pengendalian dan Penerbitan Anggaran Kas dan SPD | Jumlah Dokumen hasil pengendalian dan Penerbitan SPD | 8 | 3 | 3 | dokumen hasil pengendalian pelaksanaan APBD triwulan 3 Tahun 2024 berupa Laporan Realisasi dan Anggaran yang memuat realisasi pendapatan dan realisasi belanja pada APBD Pemerintah Kab. Banjarnegara | - | 100 | Angka | ||||||
Persentase Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban APBD yang tepat waktu | Koordinasi dan Pelaksanaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah | Persentase dokumen akuntansi dan pelaporan keuangan daerah yang disusun dan kasus kerugian daerah yang diselesaikan | Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terselesaikannya dokumen akuntansi dan pelaporan keuangan daerah yang disusun dan kasus kerugian daerah | Tersusunnya Laporan Keuangan SKPD dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang terkonsolidasi | Konsolidasi Laporan Keuangan SKPD, BLUD dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah | Jumlah Laporan Keuangan SKPD dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang terkonsolidasi | 8 | 44 | 44 | - | - | 100 | Angka | |||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terselesaikannya dokumen akuntansi dan pelaporan keuangan daerah yang disusun dan kasus kerugian daerah | Tersusunnya Rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota dan Rancangan Peraturan Kepala daerah tentang Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten/ Kota | Koordinasi dan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota | Jumlah Rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota dan Rancangan Peraturan Kepala daerah tentang Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten/ Kota | 8 | 2 | 2 | Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 4 tahun 2024 tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 telah disusun dan disahkan. | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terselesaikannya dokumen akuntansi dan pelaporan keuangan daerah yang disusun dan kasus kerugian daerah | Tersusunnya laporan Hasil koordinasi Pelaksanaan Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah | Koordinasi Pelaksanaan Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah | Jumlah laporan Hasil koordinasi Pelaksanaan Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Daerah | 8 | 9 | 9 | laporan penerimaan dan pengeluaran kas daerah disusun setiap bulan, Sampai dengan triwulan 3 sudah 9 laporan yang disusun berupa buku kas bulanan yang memuat rincian semua pendapatan dan pengeluaran kas daerah. Sumber pendapatan yang tidak jelas/ kode cl | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terselesaikannya dokumen akuntansi dan pelaporan keuangan daerah yang disusun dan kasus kerugian daerah | Tersusunnya Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD bulanan, triwulanan dan semesteran | Koordinasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Bulanan, Triwulanan dan Semesteran | Jumlah Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD bulanan, triwulanan dan semesteran | 8 | 3 | 3 | Laporan pelaksanaan APBD pada triwulan 3 tahun 2024 diantaranya terdiri dari Laporan Realisasi dan Anggaran Triwulan 3 tahun 2024 yang pada triwulan 3 terealisasi pendapatan daerah sebesar 67,05% atau Rp. 1.577.055.223.692,00 dari target Rp. 2.352.024.959 | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Terselesaikannya dokumen akuntansi dan pelaporan keuangan daerah yang disusun dan kasus kerugian daerah | Tersusunnya dokumen hasil koordinasi, sinkronisasi, dan penyelesaian Tuntutan perbendaharaan dan tuntutan kerugian daerah | Koordinasi, Sinkronisasi, dan Penyelesaian Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Kerugian Daerah | Jumlah dokumen hasil koordinasi, sinkronisasi, dan penyelesaian Tuntutan perbendaharaan dan tuntutan kerugian daerah | 8 | 3 | 3 | - | - | 100 | Angka | ||||||
Persentase Serapan dana transfer ke daerah | Penunjang Urusan Kewenangan Pengelolaan Keuangan Daerah | Persentase belanja bantuan keuangan, dana darurat dan dana bagi hasil daerah yang disalurkan | Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Tersalurkannya belanja bantuan keuangan, dana darurat dan dana bagi hasil daerah | Tersusunnya Laporan hasil analisis perencanaan dan pelaksanaan pembayaran cicilan pokok dan bunga pinjaman daerah | Analisis Perencanaan dan Pelaksanaan Pembayaran Cicilan Pokok dan Bunga Pinjaman Pemerintah Daerah | Jumlah Laporan Hasil Analisis Perencanaan dan Pelaksanaan Pembayaran Cicilan Pokok dan Bunga Pinjaman Pemerintah Daerah | 8 | 1 | 0 | Tidak ada pinjamna daerah yang dilakukan sampai dengan triwulan 3 ini | - | 0 | Laporan | |||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Tersalurkannya belanja bantuan keuangan, dana darurat dan dana bagi hasil daerah | Tersusunnya Laporan hasil analisis perencanaan dan penyaluran bantuan keuangan | Analisis Perencanaan dan Penyaluran Bantuan Keuangan | Jumlah Laporan hasil analisis perencanaan dan penyaluran bantuan keuangan | 8 | 3 | 3 | Penyaluran bantuan keuangan telah merealisasikan penyaluran sebesar Rp. 379,445 milyar dari pagu sebesar Rp.449,881 milyar atau serapan sebesar 84,34% | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Tersalurkannya belanja bantuan keuangan, dana darurat dan dana bagi hasil daerah | Tersusunnya Laporan hasil Pengelolaan Dana Bagi Hasil Kabupaten/ Kota | Pengelolaan Dana bagi Hasil Kabupaten/Kota | Jumlah Laporan hasil Pengelolaan Dana Bagi Hasil Kabupaten/ Kota | 8 | 3 | 3 | Pengelolaan dana bagi Hasil Kab/Kota telah terealisasi untuk membayaran pada CV. Cagar Budaya sebesar Rp.939 jt ( kurang bayar tahun 2023 ) dan pembayaran pada PT. Palawi sebesar 3,218 M. Bagi hasil kurang salur tahun 2023 Rp.4.048.381.000,00 Secara kese | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya pengendalian penyerrapan anggaran dalam pelaksanaan pembangunan melalui monitoring dan evaluasi | Tersalurkannya belanja bantuan keuangan, dana darurat dan dana bagi hasil daerah | Tersusunnya Laporan hasil Pengelolaan Dana darurat dan Mendesak | Pengelolaan Dana Darurat dan Mendesak | Jumlah Laporan hasil Pengelolaan Dana darurat dan Mendesak | 8 | 3 | 3 | Realisasi pengelolaan dana darurat sampai triwulan 3 tahun 2024 secara keuangan tercapai 76,85% atau Rp. 6,916 milyar dari pagu anggaran sebesar 9 milyar. Realisasi ini diperuntukan diantaranya dalam rangka penanganan bencana di Kabupaten Banjarnegara. | - | 100 | Angka | ||||||
Pesentase Pertumbuhan PAD | PROGRAM PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH | Persentase Pertumbuhan Pajak Daerah | Kegiatan Pengelolaan Pendapatan Daerah | Persentase Peningkatan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersusunnya dokumen hasil analisa pajak daerah serta pengembangan pajak daerah dan kebijakan pajak daerah. | Analisa dan Pengembangan Pajak Daerah, serta Penyusunan Kebijakan Pajak Daerah | Jumlah dokumen hasil analisa pajak daerah serta pengembangan pajak daerah dan kebijakan pajak daerah. | 8 | 4 | 4 | 4 Dokumen hasil analisa pajak daerah atau capaian kinerja sebesar 100%, Telah dilaksankan sosialisasi beberapa raperbup tentang pengelolaan pajak daerah seperti : 1) Raperbup tentang tatacara pemungutan pajak daerah; 2) raperbup tentang penghitungan paja | - | 100 | Dokumen | |
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersusunnya Laporan Perkembangan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah | Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah | Jumlah Laporan Perkembangan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah | 8 | 3 | 3 | FGD dilaksanakn setiap triwulan bersama para Wajib Pajak terkait elkektronifikasi pembayaran pajak dan retribusi daerah serta monitoring dan evaluasi pembayaran pajak dengan sistem digitalisasi | - | 100 | Laporan | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersedianya layanan dan konsultasi pajak daerah | Pelayanan dan Konsultasi Pajak Daerah | Jumlah layanan dan konsultasi pajak daerah | 8 | 600 | 600 | Layanan dan konsultasi pajak daerah yang diberikan antara lain PBJT Hotel,PBJT Hiburan, Reklame, Air Tanah, Sarang Burung Walet,PBJT Parkir, PBJT Listrik, PBJT makanan dan Minuman, MBLB. | - | 100 | Angka | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersusunnya Laporan Hasil Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Retribusi Daerah | Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Jumlah Laporan Hasil Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Retribusi Daerah | 8 | 9 | 9 | Pembinaan dan pengawasan pengelolaan retribusi daerah dilakukan dengan melakukan monitoring dan evaluasi serta sosialisasi kepada Wajib Pajak serta pembinaan kepada OPD pengelola pendapatan | - | 100 | Laporan | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersusunnya dokumen hasil pelaksanaan penagihan pajak daerah | Penagihan Pajak Daerah | Jumlah dokumen hasil pelaksanaan penagihan pajak daerah | 8 | 9 | 9 | Monitoring, evaluasi dan motivasi pada seluruh perangkat kecamatan dan desa agar pembayaran/pelunasan pajak daerah lebih awal/tidak melampaui batas waktu serta minimalisir penyalahgunaan setoran pajak (PBB) dari para petugas pemungut. masih ada penyalahgu | - | 100 | Dokumen | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersusunnya Laporan Hasil Pendataan dan Pendaftaran Objek Pajak daerah, Subyek Pajak dan Wajib Pajak Daerah | Pendataan dan Pendaftaran Objek Pajak Daerah | Jumlah Laporan Hasil Pendataan dan Pendaftaran Objek Pajak daerah, Subyek Pajak dan Wajib Pajak Daerah | 8 | 9 | 9 | Sejak bulan Januari sampai dengan September 2024 telah dilakukan pendataan obyek dan subyek pajak baik dilakukan secara pendataan pasif maupun pendataan aktif, sebanyak 209 OP/SP telah berhasil dilakukan pendataan. Maksud dan tujuan pendataan antara lain | data WP yang belum ter update, adanya alih fungsi lahan, perkembangan NJOP karena meningkatnya perekonomian masyarakat., perhubungan dan komunikasi. | 100 | Dokumen | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersusunnya doklumen ketetapan pajak daerah | Penetapan Wajib Pajak Daerah | Jumlah doklumen ketetapan pajak daerah | 8 | 9 | 9 | Penerbitan SPPT pajak yang kemudian didistribusikan kepada Wajib Pajak melalui perangkat kecamatan maupun perangkat desa/lurah. Dilanjutkan monitoring gan evaluasi atas pendistribusian SPPT. | - | 100 | Dokumen | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersusunnya dokumen hasil pemeriksaan serta pengendalian dan pengawasan pajak daerah | Pengendalian, Pemeriksaan dan Pengawasan Pajak Daerah | Jumlah dokumen hasil pemeriksaan serta pengendalian dan pengawasan pajak daerah | 8 | 9 | 9 | 9 Dokumen hasil pemeriksaan dan pengendalian serta pengawasan pajak daerah yang tersedia atau capaian sebesar 100% | - | 100 | Dokumen | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersusunnya laporan hasil Pengolahan, Pemeliharaan, dan Pelaporan Basis Data Pajak Daerah | Pengolahan, Pemeliharaan, dan Pelaporan Basis Data Pajak Daerah | Jumlah laporan hasil Pengolahan, Pemeliharaan, dan Pelaporan Basis Data Pajak Daerah | 8 | 9 | 9 | Dalam rangka optimalisasi realisasi pendapatan asli daerah, yang salah satu unsurnya adalah realisasi pajak daerah. Bagaimana pajak daerah akan meningkat adalah dengan dilaksanakannya pengolahan, pemeliharaan dan pengolahan basis data. Pengolahan data dil | sosialisasi serta monitoring ke lapangan masih terus dilaksanakan. | 100 | Laporan | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Obyek pajak yang disesuaikan NJOP nya | Penilaian Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2) serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) | Jumlah Obyek pajak yang disesuaikan NJOP nya | 8 | 10,500 | 10,500 | Penyesuaian Nilai Jual Obyek Pajak dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi serta meningkatnya perekonomian masyarakat, perhubungan dan komunikasi.Kendala yang dihadapi adalah masih rendhnya kesadran masyarakat dalam melaporkan setiap kali ada peru | - | 100 | Orang | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersedianya sarana dan prasarana pengelolaan pajak daerah | Penyediaan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Pajak Daerah | Jumlah sarana dan prasarana pengelolaan pajak daerah | 8 | 738 | 5 | Pengadaan cartridge | - | 0.68 | Unit | ||||||
Meningkatnya PAD | Meningkatnya Pajak Daerah dan Retribusi Daerah | Tersusunnya Laporan Pelaksanaan Penyuluhan dan Penyebarluasan Kebijakan Pajak daerah | Penyuluhan dan Penyebarluasan Kebijakan Pajak Daerah | Jumlah Laporan Pelaksanaan Penyuluhan dan Penyebarluasan Kebijakan Pajak daerah | 8 | 3 | 3 | Penyuluhan dan penyebarluasan kebijakan pajak daerah dilaksanakn melalui sosialisasi kepala kepala desa/lurah beserta perangkatnya dan wajib pajak dalam rangka optimalisasi realisasi pendapatan daerah. | - | 100 | Dokumen | ||||||
ketepatan waktu penetapan APBD | PROGRAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH | Kesuaian Program dalam APBD dg yang ada di RKPD | Koordinasi dan Penyusunan Rencana Anggaran Daerah | Persentase dokumen Penganggaran daerah yang disusun | Integrasi Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran | Tersusunnya dokumen penganggaran daerah | Tersusunnya dokumen KUA dan PPAS | Koordinasi dan Penyusunan KUA dan PPAS | Jumlah dokumen KUA dan PPAS yang disusun | 8 | 2 | 2 | Penyusunan dokumen KUA dan PPAS telah selesai disusun berupa dokumen KUA dan PPAS perubahan tahun anggaran 2024 dan nota kesepakatan. | - | 100 | Dokumen | |
Integrasi Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran | Tersusunnya dokumen penganggaran daerah | Tersusunnya Peraturan Daerah tentang APBD dan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran APBD | Koordinasi dan Penyusunan Peraturan Daerah tentang APBD dan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran APBD | Jumlah Dokumen Peraturan Daerah tentang APBD dan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran APBD | 8 | 2 | 2 | Kegiatan Koordinasi dan Penyusunan Perda APBD dan Perkada tentang Penjabaran APBD telah menyelesaikan penyusunan 2 Dokumen yaitu Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2024 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2024 dan Peraturan | - | 100 | Dokumen | ||||||
Integrasi Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran | Tersusunnya dokumen penganggaran daerah | Tersusunnya Dokumen Raperda dan Raperbup Perubahan APBD | Koordinasi dan Penyusunan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD dan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran Perubahan APBD | Jumlah Dokumen Raperda dan Raperbup Perubahan APBD | 8 | 2 | 2 | 2 dok atau capaian kinerja 50%. Koordinasi dan penyusunan Raperda dan Raperbup telah disusun, untuk raperda perubahan tahun 2024 | - | 100 | Dokumen | ||||||
Integrasi Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran | Tersusunnya dokumen penganggaran daerah | Tersusunnya dokumen perubahan KUA dan PPAS | Koordinasi dan Penyusunan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS | Jumlah dokumen perubahan KUA dan PPAS yang disusun | 8 | 2 | 2 | Penyusunan dokumen KUA dan PPAS telah selesai disusun berupa dokumen KUA dan PPAS tahun anggaran 2025 dan nota persetujuan. | - | 100 | Dokumen | ||||||
Integrasi Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran | Tersusunnya dokumen penganggaran daerah | Terverifikasinya Perubahan RKA SKPD | Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi Perubahan RKA-SKPD | Jumlah Perubahan RKA SKPD yang diverifikasi | 8 | 44 | 44 | Pelaksanaan verifikasi RKA tahun 2025 telah selesai dilaksanakan pada Agustus 2024, sebanyak 44 OPD ikut dalam kegiatan verifikasi RKA tersebut | - | 100 | Dokumen | ||||||
Integrasi Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran | Tersusunnya dokumen penganggaran daerah | Terverifikasinya RKA SKPD | Koordinasi, Penyusunan dan Verifikasi RKA-SKPD | Jumlah RKA SKPD yang diverifikasi | 8 | 44 | 44 | Pelaksanaan verifikasi RKA tahun 2025 telah selesai dilaksanakan pada tanggal 2 September sampai dengan 6 September 2024, sebanyak 44 OPD ikut dalam kegiatan verifikasi RKA tersebut | - | 100 | Dokumen | ||||||
Integrasi Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran | Tersusunnya dokumen penganggaran daerah | Terlaksananya pembinaan penganggaran Daerah pemerintah Kabupaten/ Kota | Pembinaan Perencanaan Penganggaran Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota | Jumlah orang yang mengikuti pembinaan penganggaran Daerah pemerintah Kabupaten/Kota | 8 | 44 | 44 | 44 orang telah mengikuti pembinaan dalam rangka menyusun Perubahan APBD tahun anggaran 2024 | - | 100 | orang | ||||||
Persentase Penyusunan Penganggaran Daerah yang tepat waktu | Pengelolaan Data dan Implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah Lingkup Keuangan Daerah | Persentase sistem informasi keuangan daerah yang dipelihara | Integrasi Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran | Terpeliharanya sistem informasi keuangan daerah | Terlaksananya pembinaan sistem Informasi Pemerintah Daerah Bidang Keuangan daerah Pemerintah Kabupaten/Kota | Pembinaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah Bidang Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten/Kota | Jumlah orang yang mengikuti pembinaan sistem Informasi Pemerintah Daerah Bidang Keuangan daerah Pemerintah Kabupaten/Kota | 8 | 44 | 44 | Pelaksanaan pembinaan SIPD diberikan kepada semua OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam rangka implementasi pelaksanaan SIPD | - | 100 | orang | |||
Grand Summary (COUNT=54) |