RKT

SASARAN STRATEGIS OPD
NAMA PROGRAM
NAMA KEGIATAN
NAMA SUB KEGIATAN
INDIKATOR SASARAN OPD
SASARAN PROGRAM
INDIKATOR KINERJA PROGRAM
SASARAN KEGIATAN
INDIKATOR KINERJA KEGIATAN
SATUAN KEGIATAN
SASARAN SUB KEGIATAN
INDIKATOR KINERJA SUB KEGIATAN
SATUAN
target 2024
Meningkatnya kualitas dan cakupan pelayanan kesehatan PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG KESEHATAN Advokasi, Pemberdayaan, Kemitraan, Peningkatan Peran serta Masyarakat dan Lintas Sektor Tingkat Daerah Kabupaten/Kota Peningkatan Upaya Promosi Kesehatan, Advokasi, Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat Indeks Keluarga sehat Meningkatnya upaya kesehatan masyarakat Persentase capaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) rumah tangga strata utama- paripurna tingkat kab Meningkatnya Dukungan Advokasi/kebijakan bidang Kesehatan Persentase Regulasi Bidang Kesehatan yang ditetapkan % Terlaksananya Peningkatan Upaya Promosi Kesehatan, Advokasi, Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat Jumlah Dokumen Promosi Kesehatan, Advokasi, Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat Angka 1
Pelaksanaan Sehat dalam rangka Promotif Preventif Tingkat Daerah Kabupaten/Kota Penyelenggaraan Promosi Kesehatan dan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat Indeks Keluarga sehat Meningkatnya upaya kesehatan masyarakat Persentase capaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) rumah tangga strata utama- paripurna tingkat kab Meningkatnya pelaksanaan promosi kesehatan kepada masyarakat Persentase puskesmas melaksanakan penyuluhan menggunakan media cetak dan elektronik % Terselenggaranya Promosi Kesehatan dan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat Jumlah Dokumen Hasil Penyelenggaraan Promosi Kesehatan dan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat Angka 1
Pengembangan dan Pelaksanaan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) Tingkat Daerah Kabupaten/Kota Bimbingan Teknis dan Supervisi Pengembangan dan Pelaksanaan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) Indeks Keluarga sehat Meningkatnya upaya kesehatan masyarakat Persentase desa/ kelurahan siaga aktif strata mandiri Meningkatnya pelaksanaan pemberdayaan kepada masyarakat Persentase capaian Posyandu Strata Purnama - Mandiri % Terlaksananya Bimbingan Teknis dan Supervisi Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) Jumlah Dokumen Hasil Bimbingan Teknis dan Supervisi Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) Angka 1
PROGRAM PEMENUHAN UPAYA KESEHATAN PERORANGAN DAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT Penerbitan Izin Rumah Sakit Kelas C, D Dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota Distribusi Alat Kesehatan, Obat, Bahan Habis Pakai, Bahan Medis Habis Pakai, Vaksin, Makanan dan Minuman ke Fasilitas Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Distribusi Alat Kesehatan, Obat, Vaksin, Bahan Medis Habis Pakai (BMHP), Makanan dan Minuman ke Puskesmas serta Fasilitas Kesehatan Lainnya Jumlah Distribusi Alat Kesehatan, Obat, Vaksin, Bahan Medis Habis Pakai(BMHP), Makanan dan Minuman yang Didistribusikan ke Puskesmas serta Fasilitas Kesehatan Lainnya Angka
Pembangunan Fasilitas Kesehatan Lainnya Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terbangunnya Fasilitas Kesehatan Lainnya Jumlah Fasilitas Kesehatan Lainnya yang Dibangun Angka 1
Pembangunan Puskesmas Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terbangunnya Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Jumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang Dibangun Angka 1
Pembangunan Rumah Dinas Tenaga Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terbangunnya Rumah Dinas Tenaga Kesehatan Jumlah Rumah Dinas Tenaga Kesehatan yang Dibangun Angka 1
Pemeliharaan Rutin dan Berkala Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terpeliharanya Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Layanan Kesehatan Sesuai Standar Jumlah Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Layanan Kesehatan yang Terpelihara Sesuai Standar Angka
Pemeriksaan Post Market pada Produk Makanan-Minuman Industri Rumah Tangga yang Beredar dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Kepatuhan Manajemen Puskesmas sesuai standar ≥ 80% % Terlaksananya Pemeriksaan Post Market pada Produk dan Sarana Produksi Makanan-Minuman Industri Rumah Tangga Beredar dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Jumlah Produk dan Sarana Produksi Makanan- Minuman Industri Rumah Tangga Beredar yang Dilakukan Pemeriksaan Post Market dalam rangka Tindak Lanjut Pengawasan Angka 170
Pengadaan Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Tersedianya Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan Jumlah Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang Disediakan Angka 3
Pengadaan Obat, Bahan Habis Pakai, Bahan Medis Habis Pakai,, Vaksin, Makanan dan Minuman di Fasilitas Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Angka
Pengadaan dan Pemeliharaan Alat Kalibrasi Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Penyediaan dan Pemeliharaan Alat Pengujian dan Kalibrasi pada Unit Pemeliharaan Fasilitas Kesehatan Regional/Regional Maintainance Center Jumlah Penyediaan dan Pemeliharaan Alat Uji dan Kalibrasi Pada Unit Pemeliharaan Fasilitas Kesehatan Regional/Regional Maintainance Center Angka 70
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Balita Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terkelolanya Pelayanan Kesehatan Balita Sesuai Standar Jumlah Balita yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 61.000
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terkelolanya Pelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir Sesuai Standar Jumlah Bayi Baru Lahir yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 14.700
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Dasar Melalui Pendekatan Keluarga Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Pendekatan Keluarga yang Diawali Tahapan Kunjungan Keluarga Jumlah Keluarga yang Sudah Dikunjungi dan Diintervensi Masalah Kesehatannya oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas Angka 250.119
Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Pendekatan Keluarga yang Diawali Tahapan Kunjungan Keluarga Jumlah Keluarga yang Sudah Dikunjungi dan Diintervensi Masalah Kesehatannya oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas Angka 85.000
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Gizi Masyarakat Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Gizi Masyarakat Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Gizi Masyarakat Angka 6
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin Jumlah Ibu Bersalin yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 14.900
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Kerja dan Olahraga Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Kerja dan Olahraga Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Kerja dan Olahraga Angka 6
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Angka 6
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk pada Kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk pada Kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) Sesuai Standar Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk pada Kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) Sesuai Standar Angka 2
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan pada Usia Lanjut Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut Sesuai Standar Jumlah Penduduk Usia Lanjut yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 142.400
Pengelolaan Pelayanan Promosi Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Promosi Kesehatan Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Promosi Kesehatan Angka 6
Pengelolaan upaya kesehatan Ibu dan Anak Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya pengelolaan upaya Kesehatan Ibu dan Anak Jumlah dokumen hasil pengelolaan upaya kesehatan ibu dan anak Angka 12
Pengembangan Fasilitas Kesehatan Lainnya Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya Pengembangan Fasilitas Kesehatan Lainnya Sesuai Standar Jumlah Fasilitas Kesehatan Lainnya yang Ditingkatkan Sarana, Prasarana, Alat Kesehatan dan SDM agar Sesuai Standar Angka 4
Pengembangan Puskesmas Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Tersedianya Puskesmas yang Ditingkatkan Sarana, Prasarana, Alat Kesehatan dan SDM agar Sesuai Standar Jumlah Puskesmas yang Ditingkatkan Sarana, Prasarana, Alat Kesehatan dan SDM agar Sesuai Standar Angka 8
Pengembangan Rumah Sakit Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Tersedianya Rumah Sakit yang Ditingkatkan Sarana, Prasarana, Alat Kesehatan dan SDM agar Sesuai Standar Jenis Pelayanan Rumah Sakit berdasarkan Kelas Rumah Sakit yang Memenuhi Rasio Tempat Tidur Terhadap Jumlah Penduduk Minimal 1:1000 Jumlah Rumah Sakit yang Ditingkatkan Sarana, Prasarana, Alat Kesehatan dan SDM agar Setiap Standar Jenis Pelayanan Rumah Sakit berdasarkan Kelas Rumah Sakit yang Memenuhi Rasio Tempat Tidur Terhadap Jumlah Penduduk Minimal 1:1000 Angka 1
Peningkatan Kompetensi Tenaga Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terlaksananya pengelolaan pelayanan kesehatan reproduksi Jumlah dokumen hasil pengelolaan pelayanan kesehatan reproduksi Angka 12
Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Terselenggaranya Kabupaten/Kota Sehat Jumlah Dokumen Hasil Penyelenggaraan Kab/Kota Sehat Angka 6
Rehabilitasi dan Pemeliharaan Fasilitas Kesehatan Lainnya Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Tersedianya Sarana , Prasarana dan Alat Kesehatan yang Telah Dilakukan Rehabilitasi dan Pemeliharaan oleh Fasilitas Kesehatan Lainnya Kesehatan Lainnya Jumlah Sarana , Prasarana dan Alat Kesehatan yang Telah Dilakukan Rehabilitasi dan Pemeliharaan oleh Fasilitas Kesehatan Lainnya Angka 2
Rehabilitasi dan Pemeliharaan Puskesmas Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Tersedianya Sarana, Prasarana dan Alat Kesehatan yang Telah Dilakukan Rehabilitasi dan Pemeliharaan oleh Puskesmas Jumlah Sarana, Prasarana dan Alat Kesehatan yang Telah Dilakukan Rehabilitasi dan Pemeliharaan Oleh Puskesmas Angka 2
Rehabilitasi dan Pemeliharaan Rumah Dinas Tenaga Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarak an dan melaporkan penerapan Indikator Nasional Mutu (INM) % Tersedianya Sarana dan Prasarana Rumah Dinas Tenaga Kesehatan yang Telah Dilakukan Rehabilitasi dan Pemeliharaan Jumlah Sarana dan Prasarana Rumah Dinas Tenaga Kesehatan yang Telah Dilakukan Rehabilitasi dan Pemeliharaan Angka 2
Penerbitan Izin Rumah Sakit Kelas C, D dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota Investigasi Awal Kejadian Tidak Diharapkan (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi dan Pemberian Obat Massal) Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Angka
Operasional Pelayanan Fasilitas Kesehatan Lainnya Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Angka
Pelaksanaan Akreditasi Fasilitas Kesehatan di Kabupaten/Kota Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Akreditasi Fasilitas Kesehatan di Kabupaten/Kota Jumlah Fasilitas Kesehatan yang Terakreditasi di Kabupaten/Kota Angka 44
Pelayanan Kesehatan Penyakit Menular dan Tidak Menular Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pelayanan Kesehatan Penyakit Menular dan Tidak Menular Jumlah Dokumen Hasil Pelayanan Kesehatan Penyakit Menular dan Tidak Menular Angka 6
Pengambilan dan Pengiriman Spesimen Penyakit Potensial KLB ke Laboratorium Rujukan/Nasional Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Angka
Pengelolaan Jaminan Kesehatan Masyarakat Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pengelolaan Jaminan Kesehatan Masyarakat Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Jaminan Kesehatan Masyaraka Angka 4
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Balita Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terkelolanya Pelayanan Kesehatan Balita Sesuai Standar Jumlah Balita yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 61000
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terkelolanya Pelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir Sesuai Standar Jumlah Bayi Baru Lahir yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 14700
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Gizi Masyarakat Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Gizi Masyarakat Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Gizi Masyarakat Angka 6
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terkelolanya Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin Sesuai Standar Jumlah Ibu Bersalin yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 14900
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terkelolanya Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Sesuai Standar Jumlah Ibu Hamil yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 14500
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Jiwa dan NAPZA Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Angka
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Kerja dan Olahraga Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Kerja dan Olahraga Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Kerja dan Olahraga Angka 6
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Angka 6
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Orang Terduga Tuberkulosis Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Bagi Orang Terduga Tuberkulosis Sesuai Standar Jumlah Orang Terduga Menderita Tuberkulosis yang Mendapatkan Pelayanan Sesuai Standar Angka 1000
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Orang dengan Gangguan Jiwa Berat Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Orang dengan Gangguan Jiwa Berat Sesuai Standar Jumlah Orang yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Orang dengan Gangguan Jiwa Berat Sesuai Standar Angka 2997
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Tradisional, Akupuntur, Asuhan Mandiri, dan Tradisional Lainnya Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Angka
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan pada Usia Lanjut Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut Sesuai Standar Jumlah Penduduk Usia Lanjut yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 142400
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan pada Usia Pendidikan Dasar Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terkelolanya Pelayanan Kesehatan pada Usia Pendidikan Dasar Sesuai Standar Jumlah Anak Usia Pendidikan Dasar yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 85000
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan pada Usia Produktif Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pelayanan Kesehatan Usia Produktif Sesuai Standar Jumlah Penduduk Usia Produktif yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 672323
Pengelolaan Pelayanan Promosi Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Angka
Pengelolaan Surveilans Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terlaksananya Pengelolaan Surveilans Kesehatan Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Surveilans Kesehatan Angka 12
Pengelolaan upaya kesehatan Ibu dan Anak Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Angka
Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Perizinan Rumah Sakit Kelas C, D dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Rumah Sakit terakreditasi Paripurna Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Rumah Sakit Kelas C dan D serta Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang berijin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku % Tersedianya Rumah Sakit Kelas C, D dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang Dikendalikan, Diawasi dan Ditindaklanjuti Perizinannya Jumlah Rumah Sakit Kelas C, D dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang Dikendalikan, Diawasi dan Ditindaklanjuti Perizinannya Angka 60
Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Rumah Sakit terakreditasi Paripurna Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Rumah Sakit Kelas C dan D serta Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang berijin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku % Terlaksananya Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Kesehatan yang Dilakukan Pengukuran Indikator Nasional Mutu (INM) Jumlah Fasilitas Kesehatan yang Dilakukan Pengukuran Indikator Nasional Mutu (INM) Pelayanan kesehatan Angka 60
Penyediaan Telemedicine di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Angka
Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Terakreditasi Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dibina Persentase Terselenggaranya Kabupaten/Kota Sehat Jumlah Dokumen Hasil Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Angka 6
Penyiapan Perumusan dan Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Rujukan Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Rumah Sakit terakreditasi Paripurna Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan Persentase Rumah Sakit Kelas C dan D serta Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang berijin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku % Terlaksananya Penyiapan Perumusan dan Pelayanan Kesehatan Rujukan Jumlah Dokumen Hasil Penyiapan Perumusan dan Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Rujukan Angka 2
Penyediaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Untuk UKM Dan UKP Kewenangan Daerah Kabupaten/Kota Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Orang dengan Risiko Terinfeksi HIV Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pencegahan dan pengendalian penyakit dan pengelolaan kedaruratan kesehatan masyarakat Persentase orang yang resiko tertular HIV mendapat pelayanan kesehatan sesuai standar (SPM) Meningkatnya upaya pencegahan, pengendalian, penanganan Penyakit Menular Persentase kasus HIV yang diobati % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan bagi Orang Terduga HIV Sesuai Standar Jumlah Orang Terduga Menderita HIV yang Mendapatkan Pelayanan Sesuai Standar Angka 18879
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Penderita Diabetes Melitus Indeks Keluarga sehat Meningkatnya pencegahan dan pengendalian penyakit dan pengelolaan kedaruratan kesehatan masyarakat Persentase penderita Hipertensi yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar Meningkatnya upaya pencegahan, pengendalian, penanganan Penyakit Tidak Menular Persentase Puskesmas yang Melaksanakan Pelayanan Penyakit Tidak Menular secara Terpadu(PANDU PTM) % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Penderita Diabetes Melitus Sesuai Standar Jumlah Penderita Hipertensi yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 15765
Indeks Keluarga sehat Meningkatnya pencegahan dan pengendalian penyakit dan pengelolaan kedaruratan kesehatan masyarakat Persentase penderita Hipertensi yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar Meningkatnya upaya pencegahan, pengendalian, penanganan Penyakit Tidak Menular Persentase Puskesmas yang Melaksanakan Pelayanan Penyakit Tidak Menular secara Terpadu(PANDU PTM) % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Penderita Diabetes Melitus Sesuai Standar Jumlah Penderita Diabetes Melitus yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 15765
Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Penderita Hipertensi Indeks Keluarga sehat Meningkatnya pencegahan dan pengendalian penyakit dan pengelolaan kedaruratan kesehatan masyarakat Persentase penderita Hipertensi yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar Meningkatnya upaya pencegahan, pengendalian, penanganan Penyakit Tidak Menular Persentase Puskesmas yang Melaksanakan Pelayanan Penyakit Tidak Menular secara Terpadu(PANDU PTM) % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Penderita Hipertensi Sesuai Standar Jumlah Penderita Hipertensi yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 325624
Pengelolaan pelayanan kesehatan Malaria Indeks Keluarga sehat Meningkatnya pencegahan dan pengendalian penyakit dan pengelolaan kedaruratan kesehatan masyarakat Persentase penderita Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik (P2PTVZ) mendapatkan pelayanan sesuai standar Meningkatnya upaya pencegahan, pengendalian, penanganan Penyakit Menular Persentase Pengobatan standar kasus malaria positif % Terlaksananya pengelolaan pelayanan kesehatan Malaria Jumlah orang yang mendapatkan pelayanan kesehatan malaria Angka 0
Penyediaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk UKM dan UKP Kewenangan Daerah Kabupaten/Kota Pengelolaan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk pada Kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) Indeks Keluarga sehat Meningkatnya pencegahan dan pengendalian penyakit dan pengelolaan kedaruratan kesehatan masyarakat Cakupan Desa atau Kelurahan mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) yang Dilakukan Penyelidikan Epidemiologi Kurang dari 24 Jam Meningkatnya surveilance Penyakit, penanggulangan Kejadian Luar Biasa dan Bencana atau krisis kesehatan Persentase desa/kelurahan mengalami KLB yang ditangani < 24 jam % Terlaksananya Pengelolaan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk pada Kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) Sesuai Standar Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Kesehatan bagi Penduduk pada Kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) Sesuai Standar Angka 2
Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Perizinan Apotek, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan, dan Optikal, Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT) Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase puskesmas yang memenuhi kriteria sarana, prasarana, Alat Kesehatan sesuai standar peraturan perundang undangan yang berlaku Meningkatnya mutu dan akses pelayanan kesehatan yang terstandarisasi Persentase Puskesmas dengan prasarana memenuhi standar % Terlaksananya Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Penerbitan Izin Apotek, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan, dan Optikal, Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT) Jumlah Apotek, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan, dan Optikal, Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT) yang Dikendalikan dan Diawasi dalam rangka Penerbitan dan Tindak Lanjut Penerbitan Izin Apotek, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan, dan Optikal, Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT) Angka 41
Penyediaan Layanan Kesehatan untuk UKM dan UKP Rujukan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya upaya kesehatan masyarakat Persentase ibu hamil yang mendapat pelayanan kesehatan sesuai standar (SPM) Meningkatnya akses dan kualitas pelayanan kesehatan keluarga Cakupan Kunjungan Ibu hamil K4 % Terkelolanya Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Sesuai Standar Jumlah Ibu Hamil yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar Angka 14.500
PROGRAM PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah Koordinasi dan Pelaksanaan Sistem Informasi Kepegawaian Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase SDM Kesehatan yang ditingkatkan kompetensinya Meningkatkan Pengelolaan pelayanan kepegawaian Persentase Jumlah SDMK yang ditingkatkan kompetensinya sesuai tugas pokok dan fungsinya Persentase Angka
Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Berdasarkan Tugas dan Fungsi Jumlah penurunan Kematian Ibu Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase SDM Kesehatan yang ditingkatkan kompetensinya Meningkatkan Pengelolaan pelayanan kepegawaian Persentase Jumlah SDMK yang ditingkatkan kompetensinya sesuai tugas pokok dan fungsinya Persentase Terlaksananya Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Berdasarkan Tugas dan Fungsi Jumlah Pegawai Berdasarkan Tugas dan Fungsi yang Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Angka 15
PROGRAM SEDIAAN FARMASI, ALAT KESEHATAN DAN MAKANAN MINUMAN Pemberian Sertifikat Produksi untuk Sarana Produksi Alat Kesehatan Kelas 1 tertentu dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Kelas 1 Tertentu Perusahaan Rumah Tangga Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Sertifikat Produksi Alat Kesehatan Kelas 1 Tertentu dan PKRT Kelas 1 Tertentu Perusahaan Rumah Tangga Indeks Keluarga sehat Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Industri Pangan Rumah Tangga yang mendapat rekomendasi izin edar PIRT Menjamin peningkatan mutu pelayanan dan keamanan sediaan farmasi, perbekalan kesehatan serta makanan Persentase Sarana Produksi Alat Kesehatan Kelas 1 tertentu dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Kelas 1 Tertentu Perusahaan Rumah Tangga mendapat sertifikat % Terlaksananya Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Kelas 1 Tertentu Perusahaan Rumah Tangga Jumlah Dokumen Hasil Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Kelas 1 Tertentu Perusahaan Rumah Tangga Angka 10
Penerbitan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) antara lain Jasa Boga, Rumah Makan/Restoran dan Depot Air Minum (DAM) Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Penerbitan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) antara lain Jasa Boga, Rumah Makan/Restoran dan Depot Air Minum (DAM) Indeks Keluarga sehat Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) yang memperoleh Sertifikat Laik syarat kesehatan Meningkatnya higiene sanitasi makanan yang memenuhi syarat kesehatan: Persentase TPM (Tempat Pengolahan Makanan) yang dibina Secara berkala % Terlaksananya Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Penerbitan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) antara lain Jasa Boga, Rumah Makan/Restoran dan Depot Air Minum (DAM) Jumlah Dokumen Hasil Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Penerbitan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) antara lain Jasa Boga, Rumah Makan/Restoran dan Depot Air Minum (DAM) Angka 1
Penerbitan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dan Nomor P-IRT sebagai Izin Produksi, untuk Produk Makanan Minuman Tertentu yang Dapat Diproduksi oleh Industri Rumah Tangga Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dan Nomor P-IRT sebagai Izin Produksi, untuk Produk Makanan Minuman Tertentu yang Dapat Diproduksi oleh Industri Rumah Tangga Indeks Keluarga sehat Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan Peningkatan Mutu sumber daya kesehatan Persentase Industri Pangan Rumah Tangga yang mendapat rekomendasi izin edar PIRT Menjamin peningkatan mutu pelayanan dan keamanan Industri Rumah Tangga Persentase Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dan Nomor P-IRT mendapat penyuluhan kesehatan pangan % Terlaksananya Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dan Nomor P-IRT sebagai Izin Produksi, untuk Produk Makanan Minuman Tertentu yang Dapat Diproduksi oleh Industri Rumah Tangga Jumlah Dokumen Hasil Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dan Nomor P-IRT sebagai Izin Produksi, untuk Produk Makanan Minuman Tertentu yang Dapat Diproduksi oleh Industri Rumah Tangga Angka 1
Meningkatnya kualitas dan efektivitas perencanaan dan pencapaian kinerja OPD PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN/KOTA Administrasi Barang Milik Daerah pada Perangkat Daerah Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Barang Milik Daerah pada SKPD Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Pengelolaan barang milik daerah Persentase Laporan Barang Milik Daerah yang tersusun % Terlaksananya Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Barang Milik Daerah pada SKPD Jumlah Laporan Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Barang Milik Daerah pada SKPD Angka 40
Administrasi Keuangan Perangkat Daerah Koordinasi dan Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan Persentase pelayanan administrasi keuangan terpenuhi Persen Tersedianya Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD dan Laporan Hasil Koordinasi Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD Jumlah Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD dan Laporan Hasil Koordinasi Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD Angka 6
Pelaksanaan Penatausahaan dan Pengujian/Verifikasi Keuangan SKPD Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan Persentase pelayanan administrasi keuangan terpenuhi Persen Terlaksananya Penatausahaan dan Pengujian / Verifikasi keuangan SKPD Jumlah Dokumen Penatausahaan dan Pengujian/Verifikasi Keuangan SKPD Angka 450
Penyediaan Gaji dan Tunjangan ASN Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan Persentase pelayanan administrasi keuangan terpenuhi Persen Terlaksananya Penyediaan Gaji dan Tunjangan ASN Jumlah Orang yang Menerima Gaji dan Tunjangan ASN Angka 1215
Administrasi Umum Perangkat Daerah Penyediaan Bahan Logistik Kantor Nilai Survey Kepuasan Masyarakat Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi umum dan kepegawaian perangkat daerah Persentase terpenuhinya penunjang urusan pemerintahan yang terlaksana Meningkatkan Pengelolaan pemenuhan kebutuhan logistik Persentase Pemenuhan kebutuhan logistik kantor Persen Tersedianya Bahan Logistik Kantor Jumlah Paket Bahan Logistik Kantor yang Disediakan Angka 1
Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor Nilai Survey Kepuasan Masyarakat Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi umum dan kepegawaian perangkat daerah Persentase terpenuhinya penunjang urusan pemerintahan yang terlaksana Meningkatkan Pengelolaan pemenuhan kebutuhan logistik Persentase Pemenuhan kebutuhan logistik kantor Persen Tersedianya Peralatan dan Perlengkapan Kantor Jumlah Paket Peralatan dan Perlengkapan Kantor yang Disediakan Angka 1
Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Pemeliharaan Peralatan dan Mesin Lainnya Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Pengelolaan pemeliharaan Barang Milik Daerah Persentase Barang Milik Daerah yang dipelihara Persen Terlaksananya Pemeliharaan Peralatan dan Mesin Lainnya Jumlah Peralatan dan Mesin Lainnya yang Dipelihara Angka 6
Pemeliharaan/Rehabilitasi Gedung Kantor dan Bangunan Lainnya Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Pengelolaan pemeliharaan Barang Milik Daerah Persentase Barang Milik Daerah yang dipelihara Persen Terlaksananya Pemeliharaan/Rehabilitasi Gedung Kantor dan Bangunan Lainnya Jumlah Gedung Kantor dan Bangunan Lainnya yang Dipelihara Angka 1
Pemeliharaan/Rehabilitasi Sarana dan Prasarana Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Pengelolaan pemeliharaan Barang Milik Daerah Persentase Barang Milik Daerah yang dipelihara Persen Terlaksananya Pemeliharaan/Rehabilitasi Sarana dan Prasarana Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya Jumlah Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya yang Dipelihara/Direhabilitasi Angka 200
Penyediaan Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, Pajak dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Pengelolaan pemeliharaan Barang Milik Daerah Persentase Barang Milik Daerah yang dipelihara Persen Tersedianya Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, Pajak dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan Jumlah Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan yang Dipelihara dan dibayarkan Pajak dan Perizinannya Angka 11
Penyediaan Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, dan Pajak Kendaraan Perorangan Dinas atau Kendaraan Dinas Jabatan Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Pengelolaan pemeliharaan Barang Milik Daerah Persentase Barang Milik Daerah yang dipelihara Persen Tersedianya Jasa Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan dan Pajak Kendaraan Perorangan Dinas atau Kendaraan Dinas Jabatan Jumlah Kendaraan Perorangan Dinas atau Kendaraan Dinas Jabatan yang Dipelihara dan dibayarkan Pajaknya Angka 2
Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah Pengadaan Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya Nilai Survey Kepuasan Masyarakat Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi umum dan kepegawaian perangkat daerah Persentase terpenuhinya penunjang urusan pemerintahan yang terlaksana Meningkatkan Pengelolaan pemenuhan kebutuhan Barang Milik Daerah Persentase Pemenuhan BMD Disediakan Persen Tersedianya Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya Jumlah Unit Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya yang Disediakan Angka 1
Pengadaan Mebel Nilai Survey Kepuasan Masyarakat Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi umum dan kepegawaian perangkat daerah Persentase terpenuhinya penunjang urusan pemerintahan yang terlaksana Meningkatkan Pengelolaan pemenuhan kebutuhan Barang Milik Daerah Persentase Pemenuhan BMD Disediakan Persen Tersedianya Mebel Jumlah Paket Mebel yang Disediakan Angka 80
Pengadaan Peralatan dan Mesin Lainnya Nilai Survey Kepuasan Masyarakat Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi umum dan kepegawaian perangkat daerah Persentase terpenuhinya penunjang urusan pemerintahan yang terlaksana Meningkatkan Pengelolaan pemenuhan kebutuhan Barang Milik Daerah Persentase Pemenuhan BMD Disediakan Persen Tersedianya Peralatan dan Mesin Lainnya Jumlah Unit Peralatan dan Mesin Lainnya yang Disediakan Angka 2
Pengadaan Sarana dan Prasarana Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya Nilai Survey Kepuasan Masyarakat Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi umum dan kepegawaian perangkat daerah Persentase terpenuhinya penunjang urusan pemerintahan yang terlaksana Meningkatkan Pengelolaan pemenuhan kebutuhan Barang Milik Daerah Persentase Pemenuhan BMD Disediakan Persen Tersedianya Sarana dan Prasarana Pendukung Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya Jumlah Unit Sarana dan Prasarana Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya yang Disediakan Angka 1
Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendukung Gedung Kantor atau Bangunan Lainnya Nilai Survey Kepuasan Masyarakat Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi umum dan kepegawaian perangkat daerah Persentase terpenuhinya penunjang urusan pemerintahan yang terlaksana Meningkatkan Pengelolaan pemenuhan kebutuhan Barang Milik Daerah Persentase Pemenuhan BMD Disediakan Persen Angka
Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik Nilai Survey Kepuasan Masyarakat Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi umum dan kepegawaian perangkat daerah Persentase terpenuhinya penunjang urusan pemerintahan yang terlaksana Meningkatkan Pengelolaan pemenuhan penyediaan jasa penunjang Persentase penyediaan jasa penunjang yang tersedia Persen Tersedianya Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik Jumlah Laporan Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik yang Disediakan Angka 12
Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor Nilai Survey Kepuasan Masyarakat Meningkatnya kualitas pelayanan administrasi umum dan kepegawaian perangkat daerah Persentase terpenuhinya penunjang urusan pemerintahan yang terlaksana Meningkatkan Pengelolaan pemenuhan penyediaan jasa penunjang Persentase penyediaan jasa penunjang yang tersedia Persen Tersedianya Jasa Pelayanan Umum Kantor Jumlah Laporan Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor yang Disediakan Angka 86
Penyelenggaraan Sistem Informasi Kesehatan Secara Terintegrasi Pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatnya efektivitas pengelolaan sistem informasi kesehatan untuk pengambilan keputusan Persentase jaringan sistem informasi Puskesmas secara intranet dan internet % Terlaksananya Pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan Angka 12
Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Sistem Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Kinerja yang handal, Realible dan measurable sebagai bahan pengambilan keputusan Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang disusun tepat waktu Dokumen Terlaksananya Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Jumlah Laporan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Angka 14
Koordinasi dan Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD Nilai SAKIP Dinas Kesehatan Kab. Banjarnegara (Nilai) Meningkatnya Kualitas Implementasi sistem akuntabilitas kinerja yang baik Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang berkualitas dan akuntabel Meningkatkan Sistem Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Kinerja yang handal, Realible dan measurable sebagai bahan pengambilan keputusan Persentase tersusunnya dokumen perencanaan, pelaporan kinerja yang disusun tepat waktu Dokumen Tersedianya Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD dan Laporan Hasil Koordinasi Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD Jumlah Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD dan Laporan Hasil Koordinasi Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD Angka 12